SAMBUTAN KETUA

...
Ketua :
Nur Huda, S.Ag., M.Pd.I

STAI Luqman al Hakim di bawah yayasan Pesantren Hidayatullah Surabaya sejak awal berdirinya bertekat untuk mendukung program-program strategis lembaga secara khusus dan umat secara umum. Karenanya Program Studi Manajemen Islam (MPI) di STAIL lulusannya diharapkan mampu menopang kebutuhan SDM Lembaga yang memiliki ruh perjuangan, ketangguhan iman sekaligus memiliki skil profesional dalam mengembangkan lembaga – lembaga pendidikan Islam baik boarding (pesantren) maupun non boarding. Dari wahana lembaga-lembaga pendidikan inilah akan lahir generasi-generasi tangguh yang tahan terhadap gempuran pengeroposan akidah dan akhlaq. Sebab benteng terakhir yang diharapkan mampu ‘menyelamatkan’ anak-anak bangsa ini adalah lembaga pendidikan berbasis agama. MPI diharapkan juga menjadi pusat research pengembangan pendidikan yang saat ini eksisting di lingkungan Hidayatullah. Mainstream ke dua Hidayatullah adalah gerakan dakwah. Domain dakwah lebih luas dan kompleks. Tidak dibatasi oleh formalitas, tidak dibatasi sasaran programnya, tidak dibatasi media dan pendekatannya.

STAIL dengan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam memposisikan dirinya sebagai penyedia SDM yang siap diterjunkan di medan-medan dakwah di seluruh tanah air. KPI diharapkan juga menjadi pusat penelitian dan pengembangan dakwah. Pada Munas Hidayatullah disepakati bahwa saatnya lembaga ini melakukan aktivasi sektor-sektor ekonomi dan penguatan ekonomi umat berbasis syariah. STAIL segera merespon dengan menghadirkan Program Studi Ekonomi Syari’ah. Lulusan Prodi ini diharapkan menjadi insan-insan pengelola lembaga keuangan syariah dan para enterpreneur muslim yang akan menegakkan pilar-pilar ekonomi umat yang kokoh, anti riba, berkeadilan, mandiri dan diridhai Allah. Kami mengajak semua pihak yang merindukan kemenangan Islam untuk bergabung dengan kami. Kita harus yakin dengan janji Allah. “Jika kalian menolong (agama) Allah, Allah akan menolong kalian dan mengokohkan posisi kalian”. Peradaban Islam hanya akan terwujud dengan kerja keras, pengorbanan dan bersama-sama. Pekerjaan besar mewujudkan “PERADABAN ISLAM” ini menjadi tanggungjawab di pundak semua muslim. Kami mengudang generasi muda untuk bergabung dalam rangka menikmati perjuangan di jalan Allah ini. Semoga Allah memberikan petunjuknya pada kita semua Amien.

Mainstream Hidayatullah yang fokus pada gerakan dakwah dan pendidikan adalah sangat relevan dan tetap akan relevan dimasa mendatang. Berlandaskan pada dua gerakan ini, peradaban Islam yang diridhai Allah akan segera tercapai.